Langsung ke konten utama

Hidup yang Akurat Dengan Suara & Arahan Tuhan - Bag.2 (Ps Cristo)



HIDUP YANG AKURAT DENGAN SUARA & ARAHAN TUHAN -2
(sambungan minggu lalu)



B. KITA HARUS MERENCANAKAN FIRMAN (lanjutan minggu lalu)

Kita perlu membuat rencana terhadap setiap firman yang Tuhan katakan kepada kita supaya kita bisa melakukannya. Kita perlu  membuat rencana terhadap nubuatan yang kita terima  supaya nubuatan itu tergenapi dalam hidup kita.

4. Setiap perencanaan harus berdasarkan prioritas dan panggilan kita.

Mengapa demikian? Karena apa yang kita rencanakan akan berdampak bagi orang lain.
Urutan prioritas harus  bertujuan untuk membangun Kerajaan Allah.

1.      Prioritas pertama: TUHAN
2.      Prioritas kedua: GerejaNya
3.      Prioritas ketiga: Keluarga
4.      Prioritas keempat: Pekerjaan
5.      Prioritas kelima: Diri sendiri

Tugas: Apa yang menjadi alasan urutan prioritas diatas  demikian?

C. ARAHAN TUHAN HANYA ADA DALAM DIMENSI ROH, SEHINGGA KITA HARUS TERLATIH HIDUP DIDALAMNYA DAN KITA AKAN NAIK KE LEVEL YANG LEBIH TINGGI LAGI.
Allah itu adalah ROH karena itu arahan dan perintah itu ada dalam dimensi roh. Itulah sebabnya kita harus aktifkan dan fungsikan roh kita yang  sudah diperbaharui.
D. SUARA ITU HARUS MENJADI PERINTAH DALAM KITA

Yes 55:3  Sendengkanlah telingamu dan datanglah kepada-Ku; dengarkanlah, maka kamu akan hidup! Aku hendak mengikat perjanjian abadi dengan kamu, menurut kasih setia yang teguh yang Kujanjikan kepada Daud.

1.      Kita harus TERFOKUS untuk mendengar suaraNya
-          Kita perlu sendengkan telingamu: mengusahakan, menaiki, mencondongkan... dan datanglah kepada-Ku: berada di tempat dimana DIA berada!
-          Kita harus bergegas dan bergerak pada posisi dimana suara itu berasal.
-          “Dengarkanlah...”: mendengar suaraNya è MERENUNGKAN/MEDITASI èmendapatkan PERINTAH!

2.      Kita akan hidup!
“maka kamu aka hidup” è Ini berbicara tentang hidup dalam dimensi rohani, ingat: bahwa segala sesuatu terjadi di alam nyata karena terlebih dahulu terjadi di alam roh.

3.      Alasan terjadinya Ikat janji karena adanya kehidupan roh yang perkasa
-          “Aku hendak mengikat perjanjian abadi dengan kamu...” è COVENANT
-          Covenant kepada bapa dalam rumah rohani menghantarkan kita mengerti dan dapat covenant kepada ALLAH BAPA!

4.      Sebagai wujud kepercayaan kita akan firman Tuhan maka Kita harus mengalami PROGRESIFITAS KINERJA atas Firman di dalam kita

Ini yang membuat kita mengalami progresifitas atau kita memiliki ‘kinerja’ yang semakin meningkat tepat seperti sifat Allah yang senantiasa progress.

Dari situs artikata.com dikatakan bahwa:
Progresifitas artinya: kemampuan bergerak maju secara psikologis
Kinerja artinya: 1 sesuatu yg dicapai; 2 prestasi yg diperlihatkan; 3 kemampuan kerja.

Jadi progresifitas kinerja berbicara tentang adanya perubahan nyata yang terus terjadi kepada kita sebagai meresponi bekerjanya firman atas hidup kita.

Alkitab juga selalu menceritakan tentang para pahlawan iman yang mendengar suara Tuhan atau pernyataan Tuhan atas hidup mereka dan meresponinya dengan membuat rencana bagaimana kehendak Tuhan tersebut tergenapi dalam hidup mereka.

a.      Paulus (I Kor 9:23-27)
Sebagai respon terhadap pernyataan Tuhan bahwa dia dipanggil untuk bangsa-bangsa, dia membuat rencana, melatih dirinya, sehingga panggilan dia untuk memenangkan bangsa-bangsa menjadi gaya hidupnya

b.      Daud
Passionnya untuk membangun rumah Tuhan seperti yang memang Tuhan taruhkan atas rohnya, maka Daud menabung sampai mencapai nilai yang cukup besar. Bahkan dia juga mempersiapkan anaknya ‘salomo’ untuk dapat mengerjakannya.

5.      Suara & arahan Tuhan akan menuntun kita menjadi PRIBADI yang akurat.
Yes 30:20  Dan walaupun Tuhan memberi kamu roti dan air serba sedikit, namun Pengajarmu tidak akan menyembunyikan diri lagi, tetapi matamu akan terus melihat Dia,
Yes 30:21  dan telingamu akan mendengar perkataan ini dari belakangmu: "Inilah jalan, berjalanlah mengikutinya," entah kamu menganan atau mengiri.
a.      Tahap Awal
Kita menerima Tuhan Yesus dan Alkitab atau firman sebagai PENGAJARAN (ay.20), sehingga kita diisi penuh dengan pengajaran firman dan itu menjadi pengetahuan atau statement bagi kita dan belum menjadi kehidupan.

b.      Tahap kedua
Kita beroleh PEWAHYUAN atau penglihatan “siapa Yesus itu?” atau ada pribadi atau sosok, yang dikatakan sebagai  PENGAJAR (ay.20). Kita mulai memahami siapa Dia baik wujudNya, karakterNya, kuasaNya. Kita dapat lihat secara jelas.

c.       Tahap ketiga
Bagaimana kita mendengar suatu SUARA dari belakang kita..
Sekiranya suara tersebut dari depan maka kita akan lebih banyak dipengaruhi bukan oleh suara tetapi oleh pribadi  yang ada di depan kita yang sedang berbicara kepada kita.

Disini kita tidak sekedar melihat (ay.21) karena suara itu dari belakang sehingga seluruh arah hidup kita hanya tergantung kepada suara tersebut.

o   Suara tersebut mengarahkan kita (...menganan ... mengiri)
§  Sesat atau lurus tergantung bagaimana kita meresponi suara tersebut, mematuhinya atau tidak, menerima atau menolaknya.
§  Jika kita mendengar suara Tuhan maka kita harus MERESPONI dengan MENTAATINYA dan tidak tergantung pada pikiran kita.
§  Maka kita akan berhasil 
§  Ibr 3:15-19
o   Suara tersebut membawa kita sampai kepada ujung/akhir perjalanan atau garis finish (destiny).
§  Ay 21 “inilah jalan atau perjalanan..” perjalanan selalu memiliki garis akhir/tujuan.
o   Suara tersebut merupakan perjalanan masa depan kita.
Joh 6:68  Jawab Simon Petrus kepada-Nya: "Tuhan, kepada siapakah kami akan pergi? Perkataan-Mu adalah perkataan hidup yang kekal;
ð  Ini bukan bicara sorga tapi hidup kekal yang bicara tentang masa depan dan tidak habis-habisnya.

6.      Suara itu akan membuat kita menerima energi atau kuasa





Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA TELEPON KE LUAR NEGERI & KODE NEGARA

CARA TELEPON KE LUAR NEGERI Ada 2 jenis cara melakukan telepon ke luar negeri yakni lewat Layanan SLI atau saluran teknologi Clear Channel dan Voice over Internet Protocol (VoIP).   Layanan SLI adalah layanan percakapan suara (voice call) sambungan internasional yang menggunakan teknologi clear channel (saluran jernih) dengan kualitas yang lebih baik dibanding saluran internet teleponi (voice over internet protocol/VoIP). Sedangkan VOIP atau ITKP ((Internet Teleponi untuk Keperluan Publik) merupakan teknologi transmisi suara melalui jaringan data Internet. Kelebihannya adalah Internet tidak mengenal sambungan jarak jauh dan internasional (semua sambungan adalah lokal), karena itu komunikasi menggunakan VoIP relatif lebih murah dibandingkan sambungan langsung jarak jauh dan sambungan langsung internasional konvensional. Di Indonesia   ada tiga operator yang memiliki izin penyelenggaraan jasa kode akses SLI yakni Indosat (001 dan 008), Telkom (007), serta terakhir Bakrie T

DR Jonathan David - The Order of Melchizedek

Video lainnya (others video): https://www.youtube.com/user/cristoid Serangan Terakhir (pada gereja) bukan datang dari dunia kegelapan, tapi datang dari Marketplace. Keimamatan Melkisedek adalah bagian pelayanan Tuhan yang diberikan kepada gereja. Bangkitkan Gereja untuk menakhlukkan system dunia dan kuasa kegelapan. DR Jonathan David ISAAC Network

MENJADI PRIBADI (GEREJA) YANG BERPEMERINTAHAN KERAJAAN SORGA - BAG.5-6 (PS CRISTO)

  MENJADIKAN PRIBADI (GEREJA) YANG BERPEMERINTAHAN KERAJAAN SORGA – Bag.5&6 Sebelumnya: A.   TUHAN MEMANGGIL DAN MEMBAWA KITA PADA DIMENSI YANG BARU, YAKNI HIDUP DALAM KERAJAANNYA. B.   MENEMUKAN RAHASIA KEBENARAN TENTANG ‘SAYA’ AKAN MEMBAWA ‘SAYA’ KEPADA KWALITAS PENGENALAN YANG UTUH TENTANG ‘SIAPA SAYA’ UNTUK RENCANA KERAJAANNYA DI MUKA BUMI INI. C.   MEMPERSIAPKAN & MENJADIKAN PRIBADI YANG TANGGUH UNTUK PILIHAN TUHAN ATAS KITA DALAM KERAJAANNYA. D. JANGAN BERAKHIR HANYA PADA MOMENTUM PANGGILANNYA TAPI TERUS PROGRESS SAMPAI DIA MENEMUKAN KITA SEBAGAI ORANG   PILIHANNYA . E.       KITA HARUS DIBAPTIS “YESUS” DENGAN ROH KUDUS DAN DENGAN API 1.       Baptisan Air adalah sebagai TANDA PERTOBATAN 2.      Level pengenalan kita kepada TUHAN tidak bisa berakhir pada PERTOBATAN (TEROBOSAN PIKIRAN) tapi senantiasa mengalami PEKERJAAN ROH KUDUS dalam kita. 3.       Kita menerima PRIBADI TUHAN yang membuat kita bisa melihat REALITAS KEILAHIANNYA terbangun